Ketukan


Membaca persyaratan masuk perusahaan besar kelas internasional dan nasional yang mengharuskan pekerja yang berpengalaman membuat bebrapa calon pelamar sudah menguncup hatinya alias mundur teratur.

Alkisah diantara advertensi lowongan pekerjaan yang terbuka sebuah perusahaan telegram membuka lowongan.  Seorang calon pekerja yang sudah mengkeret nyalinya seakan berkobar kembali ketika sebuah perusahaan kecil yang tengah mencari tenaga untuk melayani mesin Telegram. Barangkali cocok dengan kebiasaannya apalagi masa remajanya pernah menjadi pandu dan mahir bermain morse.

Sampai di perusahaan tersebut, lagi-lagi hatinya menciut lantaran sudah puluhan pelamar berada di ruangan sambil mengisi biodata.

Selesai mengisi formulir yang disediakan ia berjalan mengelilingi ruangan. Dilihatnya beberapa mesin telegram dan salah satu mesin sedang mengetuk halus.

Tidak berapa lama datang seorang pelamar lain. Setelah mengisi formulir langsung memasuki ruang direksi dan keluar dengan senyum tersungging.

Lalu Direksi keluar ruangan menemui pelamar dan dan mengatakan bahwa posisi yang dibutuhkan telah diisi oleh pemuda yang baru ruangan.

Bagaimana mungkin bapak bisa menerima pelamar langsung diinterview sementara kami yang seharian menunggu disini tidak diberi kesempatan?

Direksi menjawab bahwa salah satu mesin telegram sebetulnya mengirimkan berita mengenai nasib anda, pesannya, “kalau anda dapat mengerti pesan ini, langsung menghadap direksi untuk interview.” Dan hanya dia yang memperhatikan pesan tersebut.

Banyak dari kita yang mengandalkan bakat dan pengalaman namun sering lupa menyadap informasi kecil sekitar kita, yang kebanyakan orang melewatkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s