Daun


Seorang pemilik warung sederhana memiliki kebiasaan bergegas menutup warungnya manakala terdengar bilal atau muadzin menyerukan panggilan salat siang atau lohor.

Lepas salat, ibu renta ini terbungkuk-bungkuk duduk dibawah pohon di halaman warungnya sambil tangan keriputnya memunguti daun-daun yang berjatuhan satu persatu lalu dikumpulkan ditempat sampah dan dibakar.

Kejadian ini tak lepas dari pengamatan seorang Kiyai muda sebuah pondok pesantren.

Untuk membuat kejutan hatta saat sang ibu sedang menjalankan ibadah, kiyai memerintahkan murid-murid pesantrennya untuk menyapu halaman warung sampai bersih. Alangkah bahagianya nanti bilamana sang ibu mendapati halamannya bersih dari kotoran daun dan ranting kering.

Demikianlah selepas salat lohor, sang ibu melihat halamannya begitu bersih dan tak selembar daunpun tersisa disana. Ia menangis sedih sehingga kali ini Kiai mendekatinya sambil bertanya bukankah seharusnya ia gembira hari itu dilalui tanpa penat memunguti sampah?.

“Ketahuilah Kiyai, ketika aku mengambil daun satu persatu tadi sebetulnya aku berzikir. Kini aku bingung bagaimana aku akan berdoa kepada Nya tanpa bantuan daun.”

Sang Kiyai tercenung karena ditangannya tergenggam tasbih terbuat dari bahan cukup mahal, bahkan didatangkan dari sebuah negeri seberang. Selama ini ia selalu berzikir ditempat yang khusus, sepi dari keramaian, ruangan beraroma wewangian sementara sang ibu melakukannya dengan ikhlas penuh konsentrasi sambil mengerjakan sesuatu yang bermanfaat berupa daun (murah) sebagai pengganti butir-butir tasbih atau manik-manik rosari.

MBS 21 April 2003

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s